Bentrok Kali Keempat



MANCHESTER – Kota Manchester kembali menggelar gawe besar sepak bola. Dua klub sepak bola terbaik kota itu, Manchester City dan Manchester United, bentrok di pekan ke-35 Premier League. Bentrok itu merupakan kali keempat musim ini. Di tiga pertemuan sebelumnya, United menang dua kali, dan keduanya saat bermain home di Old Trafford. Masing-masing 4-3 pada September tahun lalu dan 3-1 di second leg semifinal Piala Carling 27 Januari silam.
Satu laga lainnya dimenangi City (2-1) di first leg semifinal Piala Carling. Itu saat mereka bermain di kandang sendiri, City of Manchester. Nah, berhubung menjadi tuan rumah petang nanti (siaran langsung ESPN pukul 18.45 WIB), City tentu berharap kemenangan menjadi jatah mereka.
Tuan rumah punya modal bagus menyamakan catatan pertemuan dengan United musim ini. City tengah dalam tren menanjak. Dalam tiga laga terakhirnya, The Citizens (sebutan City) menang dengan melesakkan 14 gol alias rata-rata hampir lima gol per laga. Bandingkan dengan United yang hanya meraih satu poin dan satu gol di dua laga terakhirnya.
City kini juga sedang semangatnya mengejar target utama musim ini. Tak lain finis empat besar demi tiket ke Liga Champions musim depan. Dengan selisih satu poin (62-61) dari peringkat kelima Tottenham Hotspur setelah 33 laga, City ogah kehilangan poin lagi di laga sisa.
Sebaliknya dengan United. Setan Merah (sebutan United) mulai lesu darah setelah tertinggal empat poin (73-77) dari Chelsea setelah 34 laga. United pun dalam tekanan berat memenangi derby Manchester demi tetap memelihara asa meraih gelar Premier League kali keempat beruntun.
’’Tujuan kami tidak kalah pentingnya dengan United. Kami butuh kemenangan dalam derby nanti demi memastikan empat besar menjadi milik kami di akhir musim nanti,’’ kata Gareth Barry, gelandang City, kepada Sky Sports.
Pernyataan Garry direspons gelandang United Paul Scholes. Kebetulan, motivasi Scholes tengah membubung tinggi setelah meneken kontrak baru kemarin WIB (16/4). Kontrak pemain 35 tahun itu diperpanjang sampai musim depan.
’’Kami akan mengulang kemenangan 4-3 karena kemenangan dengan cara seperti itu bisa menyakitkan mereka. Kans kami meraih gelar belum habis dan kemenangan atas City bisa menaikkan kepercayaan diri kami lagi,’’ papar pemain dari angkatan terkenal United, Class of 92, itu di MUTV Online.
Kemungkinan kembalinya Wayne Rooney bisa melegakan tim tamu. Rooney sudah berlatih rutin beberapa hari terakhir. Yang justru terancam absen adalah defender Rio Ferdinand dan winger Ryan Giggs setelah bermasalah dengan hamstring. ’’Progres recovery Ferdinand dan Giggs di belakang Rooney. Saya lebih yakin Rooney tampil,’’ kata pelatih United Sir Alex Ferguson.
Situasi berbeda dialami City yang siap turun dengan kekuatan terbaiknya. Wayne Bridge sudah pulih dari masalah hernia dan Pablo Zabaleta bebas dari skors. Cedera lutut Patrick Vieira dan cedera engkel Stephen Ireland juga dinyatakan pulih setelah kedua gelandang berbeda karakter itu kembali berlatih.
Tetapi, pemain City yang menjadi perhatian esktra United tentu saja Carlos Tevez. Eks penyerang United itu kembali menaikkan tensi derby Manchester dengan kemunculan poster bernada provokasi. Poster buatan seniman Shepard Fairey meniru poster kampanye Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang populer kala itu.
Jika dalam poster Obama di bawahnya memuat kata ’’Hope’’ alias harapan, maka di poster Tevez bertuliskan ’’Pasion’’ atau gairah. Di awal kedatangannya di City, muncul pula poster Tevez dengan tulisan ’’Welcome to Manchester”. Terkait poster itu, Tevez mengaku tidak tahu-menahu.
’’Saya tidak pernah mengerti maksud pembuatan poster itu. Apakah untuk menyambut kedatangan saya di Manchester City atau membuat Manchester United marah? Tidak ada seorang pun pernah menjelaskan kepada saya,’’ tutur penyerang Argentina itu kepada The Mirror.
’’Penting Anda tahu, saya tidak punya kaitan apa pun dengan poster itu. Saya justru berharap poster itu tidak dipertunjukkan di stadion saat Manchester United datang. Saya menghormati semua klub yang pernah saya bela,’’ sambung pencetak 28 gol di 37 laga bersama City itu. (jpnn/niz)

0 Comments:

Post a Comment